min2palembang.sch.id Berita Optimalkan Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Optimalkan Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Palembang, Humas.

Obat yang berasal dari sumber bahan alami  dapat memberikan kesehatan, pemanfaatan Toga yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan secara umum misalkan demam panas,  batuk ,dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu, MIN 2 Palembang  membuat wadah khusus untuk menanam berbagai macam jenis Toga yang dinamakan Apotik Hidup. Tempat ini dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi para siswa agar mempunyai bekal pengetahuan yang cukup mengenai obat yang berasal dari tumbuhan. Selasa (22/2)

Penataan lingkungan sekolah menjadi Green School menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dalam pemanfaatan halaman menjadi perkebunan tersebut, mereka melibatkan para siswa disekolah, bahkan hingga para guru.

Salah satu Guru MIN 2 Palembang yang juga pengurus kebun Toga, Rusnani, S.Pd.I mengatakan, kebun Toga ini adalah salah satu kegiatan untuk mengoptimalkan halaman depan dan diharapkan dapat bermanfaat untuk melengkapi ketersediaan obat herbal bagi siswa dan MIN 2 Palembang.

Kepala MIN 2 Palembang Listya Yustikarini berujar, Toga perlu dikenalkan sejak siswa duduk dibangku madrasah, sehingga mengetahui manfaat tanaman yang bisa digunakan sebagai obat. “Pengenalan Toga sangat penting sekali karena manfaatnya banyak dan mudah ditemui di lingkungan sekitar. Selain itu juga mudah untuk ditanam di halaman MIN 2 Palembang, jadi sewaktu – waktu dibutukan tinggal petik saja, berharap juga agar tanaman obat dapat mendukung sistem ketahanan kesehatan di sekolah. Tanaman obat dapat dimanfaatkan untuk pencegahan awal penyakit ringan,” ucapnya. (Khairnisa dan Nrl)

23 Likes

Author: adminurul