min2palembang.sch.id Berita MIN 2 Kota Palembang Sukseskan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

MIN 2 Kota Palembang Sukseskan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

Palembang, Humas.

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Pakjo berkunjung ke Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MIN 2 Kota Palembang. Selasa (22/11)

Kegiatan BIAS berlangsung pada pukul 08.00 s.d 12.00. Adapun sasaran kegiatan BIAS adalah siswa kelas I, II dan V. Kegiatan BIAS ini meliputi imunisasi Diptheria Tetanus (DT) untuk siswa kelas I dan Tetanus Diptheria (TD) untuk murid kelas II dan V.

Imunisasi DT (Diphteria Tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi TD (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.

Listya Yustikarini selaku Kepala MIN 2 Palembang menyampaikan “terima kasih atas kerja sama tim nakes Puskesmas Pakjo dalam memperhatikan tumbuh kembang dan kesehatan siswa MIN 2 Palembang. Begitupun juga kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MIN 2 Palembang yang bersama-sama menyukseskan kegiatan BIAS mulai dari pemberian penyuluhan tentang kegiatan BIAS sampai pada tahap pelaksanaannya” tandasnya. 

Terkait dengan hal tersebut, Rusnani selaku guru Koordinator UKS MIN 2 Palembang menuturkanbahwa Siswa MIN 2 Palembang kelas I, II dan V tampak sangat antusias untuk mengikuti kegiatan BIAS yang berlangsung di UKS dengan ditertibkan Wali Kelas masing-masing, berdasarkan rekapan siswa Kelas l yang yang telah melakukan imunisasi DT berjumlah 52 anak sedangkan imunisasi TD untuk  kelas II dan V berjumlah 140 anak.  Diantara mereka ada yang merasa takut disuntik tetapi setelah dibujuk oleh petugas kesehatan, mereka akhirnya mau disuntik” jelasnya.

Sehubungan dengan adanya pelaksanaan BIAS ini, ada sebagian kecil siswa yang tidak diimunisasi. Hal ini karena kebanyakan dari mereka kurang sehat, ada yang flu, batuk dan ada juga yang baru sembuh dari sakitnya. Sebelum diimunisasi, terlebih dahulu anak-anak diperiksa kesehatannya, jika kesehatannya tidak memungkinkan imunisasinya ditunda dahulu dan dilanjutkan dengan kegiatan BIAS lanjutan pada tanggal 30 November 2022 mendatang” tambah Rusnani. (Nrl)

22 Likes

Author: adminurul