Palembang, Humas.
Bertempat di ruang kelas, walikelas V.D Rusnani menyusun pojok baca sedemikian rupa demi menarik daya minat siswa untuk meningkatkan dan memperluas wawasan, Rabu (11/01).
Pengenalan literasi pada siswa MIN 2 Kota Palembang yang perlu dilakukan yakni dengan membaca. Membaca merupakan salah satu cara yang berguna untuk meningkatkan atau memperluas pengetahuan setiap anak melalui kebiasaan membaca yang merupakan wujud dari adanya minat membaca.
“Dengan Menghadirkan pojok baca atau perpustakaan kecil di ruangan kelas adalah salah satu cara yang dapat menumbuhkan minat baca siswa, tentu tidak dapat langsung membaca, namun kehadiran pojok baca dengan konsep yang unik akan menarik minat sang anak untuk berlama-lama bahkan mulai tertarik untuk memilih buku-buku anak yang telah ditata dengan rapi di dalam raknya” terang Rusnani selaku walikelas V.D.
Dalam hal ini Kepala Madrasah MIN 2 Kota Palembang menyampaikan himbaunnya kepada setiap wali kelas bahwa, “pojok baca sangat penting, mempunyai nilai keindahan dan bermanfaat bagi siswa MIN 2 Kota Palembang, Setiap kelas diwajibkan mempunyai pojok baca, agar bisa menumbuhkan minat baca bagi siswa dan bisa memanfaatkan media belajar, bahan-bahan daur ulang yang bisa menumbuhkan minat siswa untuk membaca. Dengan tumbuhnya minat baca pada siswa, maka bisa menambah ilmu dan wawasan murid dan sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan MIN 2 Kota Palembang” jelasnya.
Kamad juga mengharapkan setiap walikelas untuk membuat pojok baca, dengan model yang berbeda dan sangat menarik, unik dan efisien dan setiap wali kelas bisa menyesuaikan konsep dengan tingkatan kelas-kelas. (Nrl)