min2palembang.sch.id Berita Gelar Panen Raya P5, Siswa MIN 2 Kota Palembang Kenalkan Aneka Ragam Makanan Khas Palembang

Gelar Panen Raya P5, Siswa MIN 2 Kota Palembang Kenalkan Aneka Ragam Makanan Khas Palembang

Palembang, Humas.

Panen Raya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dipilih sebagai perwujudan dari tema “Kearifan Lokal Makanan Khas Palembang” yang diusung oleh Bapak Ibu guru pendamping P5 kelas I hingga kelas VI MIN 2 Kota Palembang. Senin (28/11)

Waka Kurikulum Risnaini menyebut Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dimulai sejak Agustus lalu dengan berbagai penanaman ilmu untuk karakter  siswa di ajarkan oleh wali kelas masing-masing , dari Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong-royong,Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif . Dan pada  bulan November ini, panen pertamanya dari semua program pembelajaran yang sudah diajarkan tersebut  dan diimplementasikan dalam kegiatan kegiatan”terangnya.

Dimulai dari tahap penyampaian program kegiatan kepada Wali kelas sekaligus pengundian bahan dasar makanan khas palembang yang akan diolah oleh siswa masing masing kelas, dilanjutkan dengan perekrutan tim panitia dari tiap-tiap kelas, dan sosialisasi kegiatan P5 berupa Panen Raya Kearifan Lokal yang nantinya  akan dijadikan sebaigai tempat dan acara untuk menjual bahan makanan yang sudah diolah menjadi makanan khas palembang oleh setiap kelompok dalam kelas.

Sabtu, 26 November Oktober 2022 menjadi hari dimana setiap kelas diwajibkan untuk menyiapkan stand tempat mereka akan menjual makanan khas palembang. Halaman madrasah MIN 2 Palembang menjadi saksi bagaimana semangat yang begitu menggebu dan kreatifitas yang tak dapat dibendung dari setiap siswa kelas I hingga kelas VI yang mengikuti kegiatan ini. Berjajar stand yang terdiri diantaranya Stand Celimpungan, Stand Srikaya, Stand Pempek dan Stand Tekwan.

Selain menjual makanan khas palembang, setiap perwakilan kelas diwajibkan untuk mempresentasikan jajanan tradisional yang mereka buat di depan Kepala Madrasah beserta dewan guru. Dua hingga tiga siswa yang merupakan perwakilan kelas dipanggil sesuai nomor undian yang mereka dapatkan sembari itu, teman lainnya menjajakan makanan khas palembang mereka di stand yang sudah mereka persiapkan. Panen Raya kearifan Lokal berhasil menarik minat seluruh warga sekolah termasuk guru dan karyawan beserta orang tua siswa yang ikit mendampingi anaknya menyukseskan acara tersebut. Semua makanan yang dijual oleh para siswa kelas I hingga Kelas VI habis tanpa sisa dihari itu.

Risnaini selaku Waka Kurikulum beserta Jajarannya yaitu Waka Kesiswaan, Humas Sapras dan Dewan guru merasa bangga dan bersyukur atas terselenggaranya acara Panen Raya Dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dimana ini merupakan perwujudan dari implementasi dari kurikulum merdeka yang merupakan kegiatan co-curricular dari Kurikulum Merdeka bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter siswa yang pancasilais. (Nrl)

26 Likes

Author: adminurul