min2palembang.sch.id Berita Melalui Ujian Praktek Berpidato, Siswa dipersiapkan Miliki Keterampilan Berbicara di Depan Khalayak Ramai

Melalui Ujian Praktek Berpidato, Siswa dipersiapkan Miliki Keterampilan Berbicara di Depan Khalayak Ramai

Palembang, Humas.

Siswa kelas VI (enam) lakukan ujian praktek pidato. Guru yang menjadi penilai dalam ujian praktek pidato yaitu Saijem yang juga merupakan wali kelas VI. Ujian praktek berpidato ini dilakukan di ruang kelas. Selasa (11/4)

Kamad Listya Yustikarini melakukan pengawasan terhadap proses ujian praktik yang tengah berlangsung, Saat dikonfirmasi Saijem mengatakan, “dalam berpidato yang harus diperhatikan yaitu siswa harus menguasai materi yang akan disampaikan, dalam penyampaian pidato hendaknya menggunakan bahasa yang baik, menggunakan intonasi dan mimik wajah yang tepat, jelasnya.

Intonasi dalam berpidato memiliki 2 fungsi pokok. Pertama intonasi menentukan makna kalimat yang dituturkan, sedangkan yang kedua intonasi dapat mempengaruhi daya persuasi pidato, menurut Saijem, ia memberikan apresiasi kepada para siswa yang tampak antusias mengikuti ujian praktek tersebut. “dengan adanya ujian praktek berpidato ini, peserta didik lulusan MIN 2 Palembang nantinya dapat berani tampil menyampaikan sepatah dua kata di depan orang banyak, dan dapat dijadikan nilai tambah keterampilan bagi peserta didik tersebut, harapnya.

Jenis pidato yang disampaikan pada ujian praktek kali ini ada tiga macam. Pertama pidato naskah, kedua pidato hafalan, dan yang ketiga adalah eksplorasi. Tema yang disampaikan yaitu Kebersihan, Setelah siswa-siswa menyampaikan pidatonya, guru menilai satu persatu lalu guru juga menyampaikan beberapa masukan terhadap kekurangan pidato yang telah disampaikan tersebut. (Nrl)

23 Likes

Author: adminurul