Palembang, Humas.
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Palembang tumbuhkan literasi siswa melalui karya majalah dinding (mading) disetiap sudut madrasah. Kamis (9/3)
Kepala MIN 2 Palembang Listya Yustikarini mengatakan kepada guru bahwa harus memperkuat literasi ke dalam berbagai aspek kepada siswa. Menurutnya, madrasah harus menciptakan iklim pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan literasi siswa. “Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan keterampilan literasi siswa tersebut adalah melalui mading,” ujar Kamad.
Diterangkannya bahwa untuk mengoptimalkan fungsi dan peran mading di madrasah dalam membentuk keterampilan literasi siswa. “Jika mading mampu dihidupkan, maka keterampilan literasi anak akan berkembang. Mading akan menjadi sarana bagi para siswa untuk berkreasi serta menuangkan ide-ide yang mereka miliki,” ungkap Kamad.
pengelolaan mading yang baik akan mampu menumbuhkembangkan literasi siswa. Para siswa akan terpacu semangatnya dalam menghasilkan karya, baik berupa tulisan atau pun gambar. Hasil karya siswa yang ditampilkan di mading akan dibaca serta diapresiasi pihak sekolah dan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para siswa saat hasil karyanya dipajang dan bisa dinikmati oleh siswa lainnya.
Pemajangan hasil karya siswa di mading MIN 2 Palembang dimulai dari siswa kelas IV sampai dengan VI dan kegiatan tersebut akan dilakukan secara rotasi, yaitu sekitar setengah bulan sekali agar tidak menimbulkan kejenuhan. (Nrl)