min2palembang.sch.id Berita Kegiatan KKG, Upaya Tingkatkan Kinerja Guru

Kegiatan KKG, Upaya Tingkatkan Kinerja Guru

Palembang, Humas.

Wali kelas V dan VI MIN 2 Palembang mengikuti kegiatan KKG penyusunan modul ajar sesuai jadwal yang ditetapkan, berlangsung di aula madrasah dari pukul 13.00 s.d selesai. Senin (13/02)

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum MIN 2 Palembang Risnaini memaparkan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184/2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah, memberikan ruang fleksibilitas pada manajemen kebijakan madrasah untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Kemudian, Muhammad Thohir selaku pengawas madrasah sekaligus pemateri menyampaikan bahwa ada 3 ciri dan karakteristik kurikulum merdeka,”Ciri dan karakteristik kurikulum merdeka, yakni pembelajaran berpusat ke siswa dengan fokus pada materi esensial, pembelajaran berbasis proyek dan karakter, tersedianya banyak perangkat ajar yang fleksibel bagi guru dan siswa. Adapun istilah P5 yang dikenal dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” jelasnya.

Dalam hal ini Muhammad Thohir berbagi informasi terkait jenis penilaian dan esensi modul ajar kurikulum merdeka. “Asesmen yang lebih populer disebut penilaian pada kurikulum merdeka terdiri atas pertama, asesmen diagnostik yang dilakukan untuk mendiagnosis kompetensi, kekuatan, dan kelemahan siswa; kedua, asesmen formatif merupakan penilaian proses pembelajaran; ketiga, asesmen sumatif yang merupakan penilaian akhir. Adapun esensi modul ajar meliputi: tujuan pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, kegiatan pembelajaran, asesmen diagnostik, asesmen formatif yang disatukan dengan asesmen sumatif, hingga jumlah proyek pada setiap tingkatan kelas dan akumulasi jam pelajaran (jampel) “ungkapnya.

“Untuk mewujudkan kinerja guru MIN 2 Palembang, perlu peningkatan kinerja KKG sehingga nantinya benar-benar mampu diberdayakan menjadi wahana yang efektif untuk meningkatkan mutu dan kinerja para guru” tutupnya. (Nrl)

40 Likes

Author: Andri